7 Makanan Khas Makassar, Menikmati Ragam Kuliner yang Kaya Rasa

Avatar photo

Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, adalah destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta makanan Indonesia.

Makassar, yang dikenal sebagai “Kota Anging Mammiri” (Kota Pintu Masuk Ke Timur), menawarkan berbagai hidangan lezat yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarahnya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Makanan Makassar yang harus Anda coba jika Anda berada di kota ini.

1. Coto Makassar

Coto Makassar adalah hidangan ikonik yang menjadi favorit di Makassar dan telah menjadi warisan kuliner yang penting bagi masyarakat setempat.

Hidangan ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang yang kaya rasa, seperti ketumbar, kunyit, jahe, dan bawang putih. Proses memasaknya yang panjang dan teliti membuat daging menjadi lembut dan empuk.

Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat, yang merupakan nasi yang dibungkus dalam daun kelapa, serta tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Kelezatan hidangan ini sering ditambahkan dengan sambal dan jeruk nipis sesuai selera.

2. Konro Bakar

Konro adalah hidangan daging iga sapi yang lazim di Makassar. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik karena dimasak dengan bumbu rempah khusus dan kemudian dipanggang hingga dagingnya empuk dan beraroma.

Konro bakar biasanya disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan, yang memberikan rasa lezat dan gurih pada hidangan ini. Sajian ini sering ditemani dengan nasi putih, ketupat, dan sambal pedas yang menggugah selera.

Baca Juga:  Floating Market Lembang, Destinasi Kuliner Unik dengan Konsep Menarik di Bandung

3. Pallu Basa

Pallu Basa adalah hidangan ikan khas Makassar yang tak kalah menarik. Hidangan ini terdiri dari ikan yang dimasak dengan bumbu kacang dan santan yang lezat. Bumbu kacangnya dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan, kunyit, cabai, jahe, dan rempah-rempah lainnya.

Ikan yang digunakan bisa beragam, mulai dari ikan tongkol hingga ikan kakap. Pallu Basa biasanya disajikan dengan lontong, yang merupakan nasi ketan yang dibungkus dalam daun kelapa. Sajian ini merupakan perpaduan cita rasa gurih dan pedas yang menggugah selera.

4. Pisang Epe

Pisang Epe adalah hidangan penutup khas Makassar yang lezat. Hidangan ini terbuat dari pisang yang dihancurkan dan kemudian dipanggang atau dibakar hingga matang. Pisang Epe biasanya disajikan dengan saus gula merah yang manis dan parutan kelapa yang lembut.

Rasanya yang manis dan tekstur yang renyah membuat Pisang Epe menjadi hidangan penutup yang sangat disukai oleh warga Makassar.

5. Mie Titi

Mie Titi adalah hidangan mi khas Makassar yang berbeda dari mie pada umumnya. Mie ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan panjang, mirip dengan mi udon Jepang. Hidangan ini disajikan dengan kuah sapi yang gurih dan daging sapi rebus yang empuk.

Sajian Mie Titi juga diberi taburan bawang goreng dan seledri yang segar. Rasanya yang gurih dan lezat membuat Mie Titi menjadi makanan yang cocok untuk dicicipi ketika Anda berada di Makassar.

Baca Juga:  Floating Market Lembang, Destinasi Kuliner Unik dengan Konsep Menarik di Bandung

6. Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan sop yang populer di Makassar. Sop ini terbuat dari potongan daging sapi, tulang sumsum, dan berbagai sayuran seperti kentang, wortel, dan buncis. Kuahnya yang gurih berasal dari rebusan tulang sumsum yang melimpah.

Sop Saudara sering disajikan dengan nasi putih atau ketupat, dan dapat disantap dengan sambal pedas untuk tambahan rasa.

7. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah hidangan penutup yang segar dan manis. Hidangan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan lapisan adonan hijau dari tepung beras yang diberi pewarna alami daun suji.

Pisang yang sudah dibalut kemudian dipanaskan atau digoreng, dan disajikan dengan saus santan manis dan sirup gula merah. Es Pisang Ijo adalah hidangan penutup yang populer di Makassar, terutama pada musim panas yang panas.

Kesimpulan

Kuliner Makassar menawarkan beragam hidangan yang menggugah selera dan mencerminkan kekayaan budaya daerah ini. Dari Nama Makanan Khas Jakarta yang kaya rasa hingga Pisang Epe yang manis, kota ini memiliki makanan khas yang siap memanjakan lidah Anda.

Jadi, jika Anda mengunjungi Makassar, pastikan untuk mencoba beberapa hidangan khas ini dan menikmati kelezatan kuliner yang unik ini. Selamat menikmati!